Tuesday, January 20, 2009

AUDIT KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KOMUNIKASI DALAM SUATU ORGANISASI

AUDIT KOMUNIKASI SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR EFEKTIFITAS
DAN EFISIENSI KOMUNIKASI DALAM SUATU ORGANISASI

Abstract
Every organization has to do communication’s audit regularly in order to know
how effective the communication’s programs, activities, performances or
policies that they have done. Communication audit uses integrated, planned
and systematic method of researches, objective data and standardized bench
marking. The result of communication’s audit shows what and where the
communication’s barriers and it gives some recommendations to be fixed so
that the goal and objective can be reached.
Keyword : audit communication, organizational communication

Salah satu definisi komunikasi organisasi yang ada adalah definisi komunikasi menurut Redding dan Sanborn. Menurut mereka, komunikasi organisasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan informasi dalam sutau organisasi yang kompleks, meliputi Komunikasi internal yang terjadi diantara orang-orang yang berada didalam suatu organisasi meliputi komunikasi vertikal dari atas ke bawah (downward) maupun komunikasi dari bawah ke atas (upward) dan komunikasi horisontal diantara orang-orang yang sama tingkatan otoritasnya dalam suatu organisasi. Selain itu, organisasi juga melakukan komunikasi eksternal dengan publik-publik eksternal yang berkaitan dengannya (Goldhaber, 1993:12). Komunikasi tersebut terjadi setiap hari dengan menggunakan berbagai media dan memiliki tujuan.

kik nama untuk download paper
Wina Puspita Sari , M.Si

No comments: