Monday, February 9, 2009

Variable dibagi dalam tiga katagori

Dalam penelitian variable dibagi dalam tiga katagori

* .Variabel bebas dan tak bebas.
Penelitian mencari sebab dan akibat dalam gejala atau mencari hubungan di antara berbagai factor. Variabel yang diduga sebagai penyebab atau pendahulu dari variable yang lain dusebut variable bebas. Variable yang diduga sebagai akibat atau yang dipengaruhi oleh variable yang mendahuluinya disebut variable tak bebas.
Bila kita menyatakan “ bila x, maka y” , x adalah variabel bebas dan y variabel tak bebas (kerlingger, 1971:35). Dalam penelitian diduga bahwa situasi rumah menentukan perestasi anak di sekolah.perasaan kesepian menyebabkan banyak orang menonton televise. Situasi rumah, perasaan kesepihan merupakan variabel bebas sedangkan perestasi akademis, ferekuensi menonton merupakan variabel tak bebas. Jadi sebetulnya klasifikasi variabel dalam variabel bebas dan variabel tak bebas bergantung pada maksud penelitian.

*. Variabel aktif dan variabel atribut.
Dalam penelitian eksperimental, kita berhadapan dengan variabel yang dapat kita manipulasi dan variabel yang sudah jadi dan tidak dapat kita kendalikan. Kita ambil contoh variabel aktif : kita dapat mengendalikan temperatur ruangan, atau tingkat hukuman yang diberikan guru pada muridnya, atau jumlah insentif dalam kampanye keluarga berencana (KB).
Contoh variabel atribut : tetapi kita tidak bias mengendalikan umur, tingkat kecerdasan, jenis kelamin dll.
Maka satu-satunya cara meneliti variabel atribut tentulah ialah mengelompokkan subjek peneliti dalam katagori variabel atribut tertentu dan membandingkannya dengan subjek penelitian dalam katagori variabel atribut yang lain.

*. Variabel kontinyu dan variabel diskret
Dalam statistic dibedakan antara Variabel kontinyu dan variabel diskret.
Variabel kontinyu adalah variabel yang secara teoritis dapat mempunyai nilai yang bergerak tak terbatas antara dua nilai ( tinggi orang boleh 1.50 cm, 1.522 cm dst tergantung kecermatan pengukuran). Variabel diskret hanya mempunyai satu nilai tertentu saja (1.2.3.4, dst) dan dalam variabel diskret tidak mengenal pecahan

No comments: