Monday, March 30, 2009

Klasifikasi Metode Penelitian

Klasifikasi Metode Penelitian

Metode histories bertujuan merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan objektif dengan mengumpulkan, menilai, memverifikasi, dan menyintesiskan bukti untuk menetapkan fakta dan mencapai kongklusi yang dapat di pertahankan, sering kali dalam hubungan hipotesis tertentu (Isaac dan Michael, 1972:17). Misalnya, penelitian tentang isi buku bacaan pada zaman colonial, riwayat pendirian gerakan Muhammadiyah, dan sebagainya.
Metode deskriptif bertujuan melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara factual dan cermat (Isaac dan Michael: 18). Contohnya: penelitian jumlah anak putus sekolah di kota bandung tahun 1981, studi pendapat umum, jumlah pembaca majalah tempo di Jakarta dll.
Metode eksperimental adalah metode penelitian yang memungkinkan peneliti memanipulasi variabel dan meneliti akibat-akibatnya. Pada metode eksperimental variabel-variabel dikontrol begitu rupa sehingga variabel luar yang mungkin mempengaruhi dapat disingkirkan.
Metode kuasi-eksperimental digunakan untuk mendekati kondisi ekperimental pada suatu situasi yang tidak memungkinkan manipulasi variabel. Setiap metode ini akan diuraikan secara rinci.

No comments: